Alamat HilKast Bird Farm

.
.
.
.
.
.

Perum Puncak Buring Indah (Buring Hill Side)
Blok B4-33 Kel Buring, Kec Kedungkandang
Kota Malang
Phone +6281335003344
+6283834115566
email: amiexs@gmail.com
YM: amieamiexs@yahoo.co.id
Pin BB . . . By Request
.

HilKast Bird Farm Property

HilKast Bird Farm Property

Pages

Kamis, 05 Maret 2009

Koleksi Burung saya ... terdahulu,.......Murai Batu

Sudah sejak lama saya suka dan gemar memelihara bermacam jenis hewan, bahkan sejak saya masih kecil dulu,.... dan sampai sekarangpun saya masih suka, bedanya jika dahulu saya hanya memelihara hanya untuk kesenangan dan berbagai hewan,..

bisa saya sebutkan dulu saya pernah memelihara dari Ayam, Itik, Angsa, Kura kura, Merpati, Kalajengking, Laba laba, Kucing, Ular,.... dan masih banyak lagi deh, oh ya tidak lupa juga berbagai jenis ikan.

namun sekarang saya hanya fokus pada burung , terutama burung kicauan,

beberapa jenis kicauan yang saya pelihara adalah:


Murai batu

Ini merupakan burung idaman saya semenjak saya masih kecil, namun apa dikata, saat itu saya memang tidak mampu untuk membelinya, apalagi tingkat ekonomi keluarga yang terbilang hanya pas pasan, maka akhirnya hanya bisa memendam rasa, saya sering lihat murai batu ekor panjang milik tetangga yang kebetulan hobi lomba, saat itu masih banyak Murai Batu Ekor panjang, tidak seperti sekarang yang sudah sulit dicari, meski panjangpun tidak lebih dari 24 cm

saat itu saya hanya bisa membayangkan, kapan saya bisa memilikim Murai Batu ekor panjang tersebut. dulu orang bilang Murai Batu Medan, ada pula yg menyebutkan sebagai Murai Batu Medan Super atau Murai Medan Super.

akhirnya setelah bisa bekerja sendiri, saya bisa juga mengobati keinginan saya untuk memelihara burung idaman saya ini.

beberapa foto dibawah adalah koleksi Murai Batu saya, sebagian sudah masuk kandang penangkaran, sebagian lepas, ada juga yang mati....

Photobucket

Photobucket
foto diatas termasuk koleksi Murai Batu saya yang pertama, beli di Pasar Burung, namun sudah sempat Juara meski setingkat latber

Photobucket
Saya membeli Murai Batu ini saat memesan kaols di tempat teman, saya lihat ada Murai Batu ekor panjang, saya jadi kepincut, apalagi suaranya bagus, maka saya tawarlah Murai ini, ternyata sama teman dilepas, namun sayang Murai ini sudah mati karena dihajar oleh Bordan


Photobucket
foto di atas adalah Tsunami, saya beli dari teman di www.kicaumania.org suara Murai Batu ini diatas rata rata, saya sampai saat ini belum perna mendengar suara Murai Batu sekeras ini.
namun sayang, burung ini sudah mati karena kedinginan saat hujan


Photobucket
ini adalah salah satu koleksi saya, ekor super panjang juga, kata orang ini adalah Murai Batu Nias, namun saya lita burung ini memiliki ekor dengan panjang diatas rata rata Murai Batu Nias yang lain. suara besetan juga bagus.

di bawah ini adalah foto saat dia ngurak dan dorong ekor.

Photobucket

Photobucket
ini adalah Murai Batu saya yang lain. saya dapat Murai Batu ini dengan jadi pemenang lelang di www.kicaumania.org

26 komentar:

MBMalaysia mengatakan...

cantik sekali koleksi MB kamu, saya mahu pinjam koleksi gambar MB kamu untuk diletakkan di http://www.muraibatumalaysia.blogspot.com. Harap anda tidak marah ye...thanks

Amiexs mengatakan...

silahkan saja dipasang di blog kamu. saya juga senang bisa berkenalan dan bersahabat dengan kamu, semoga saja kita bisa bekerjasama lebih bags lagi...

ini mobile saya jika sewaktu waktu ingin kontak

+6281335003344

Anonim mengatakan...

brp pnjang ekor boss???
jual anakan gk??
klo jual brp harga???

Amiexs mengatakan...

induk saya ada beberapa jenis boz.
induk ekor panjang, antara 24 s.d 28cm

cuman ada 1 yang 28cm... dan sekarang sedang macet.


yang lain induk prestasi

ya mas, saya juga jual anakannya, untuk harga saya lepas 1250 rb untuk jantan umur 1 s.d 1,5 bulan (sudah makan voer kering)

Bangun mengatakan...

Slam kenal mas, saya pembaca setia blog Amiexs Bird Farm.. Mas saya mau sherng dunk tentang mb.. saya sudah menjdohkan mb dan alhadulilah jodoh mas.. saya saya mau tanya selanjutnya mura tersebut saya diamkan di kandang bulat atau di taroh dikandang permanen??? dan minta tipsnya buat murai biar cepat bertelor dan kawin??

Terima kasih mas..

di jawabnya di email saya saja ya mas..

(Bangunmuktiprasetio@ymail.com)

Amiexs mengatakan...

@ mas Bangun

apabila kita sudah merasa yakin bahwa kedua calon Inuk Murai Batu sudah jodo, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan kedua pasangan dalam bak mandi atau keramba, jika ternyata keduanya sudah tidak berantem, maka bisa dilakuakn step atau langkah selanjutnya, namun kebanyakan memasukkan kedua calon induk dalam keramba juga jarang dilakukan,...

kebanyankan langsung memasukkan kedua calon induk dalam kandang penangkarang.
Prose memasukkan kedua calon induk upayakan dilakuakn pada sore hari menjelang mabhrib, jadi kedua calon induk bisa langsung segera tidur dan menghindari berantem.

terlebi dahulu masukkan Murai Batu Betina, biarkan selama 5 atau 10 menit untuk mengenal lingkungannya, hal ini dilakukan agar saat nanti jantan agresif dan mengejar, betina telah adaptasi dengan lingkungan baru serta mengetahui tempat untuk bersembunyi. yang tidak kala penting beri makan terlebi dahulu betina, agar saat nanti jika dikejar kejar jantan, betina sudah dalam keadaan kenyang.

setelah 5 s.d 10 menit, jantan boleh di masukkan dengan terlebih dahulu di tempel dalam sangkar soliter.

siapkan juga semprot untuk berjaga jaga, selalu perhatikan dengan seksama apakah jantan dan betina sudah benar benra akur dan tidak berantem..

jika ternyata jantan mengejar betinanya, segera semprot Murai Batu jantan sampai basay kuyup, hal ersebut bertujuan agar dia sibuk menyisir bulunya yang basah sehingga tidak sempat untuk mengejar betinanya..

apabila dalam proses ini tidak ada kendala, dalam arti kedua pasngan suda akur, terjadi saling kejar namun tidak sampai mengajar dan mematikan, itu tanda Murai Batu sudah jodoh. meskipun saat tidur, posisi jantan dan betina tidak berdanpingan dan berdekatan...

bangunmuktiprasetio@ymail.com mengatakan...

persis mas apa yang dikatakan mas.. burung saya tidak berantam dan tidak saling kejar-kejaran lagi malah si betina minta di loloh terus oleh sijantan.. dan kalo tidur tidak berdekatan tetapi satu tangkringan ya kira2 jaraknya sejengkal mas..

mas harga anakan kacer berapa?? masih prosuksi??

Amiexs mengatakan...

Itu pertanda bagus mas, jika seperti itu, asal jantan birahi, Insya Allah segera terjadi perkawinan, siapkan saja perlengkapan breedingnya, gowok, atau sarang, ijuk, daun pinus untuk bahan sarang, kasih yg banyak, jika betina sudah angkut bahan sarang bertanda bagus 1 step di lalui, dan pantau mas, apabila betina ambil baan sarangnya nggeget, dan di taruh di pangkal paruh, tandanya itu betina dah isi, segera nelur mas...

kacer harga 400rb jantan mas umur 2 bulan, amun saat ini semua induk mogok nelur, ga tau kenapa.. we ke k ek e..

Bangun mengatakan...

Baik mas nanti saya kasih tempat buat bersarangnya..
Mas saya mau tanya perihal kandang penangkaran, saya ada kandang tetapi posisinya ada didpan rumah saya bukan di belakang rumah dan banyak kucing dan agak sedikit bersik, kandang sudah saya perbaiki dan masih saja bocor.. rencana saya mau buat kandang didalam rumah posisi di ats dan agak sedikit lebih tenang.. menurut mas saya lebih baik buat lagi atau mengunakan yang sudah ada??? dan satu lagi mas kandang permanen apa pelu ditutup biar tidak terlihat atau di buka saja???

Wahhh ,, saya padahal minat sekali dengan kacer yang indukannya da do foto mas..
mas lokasinya dimana?? saya ada sodara di malang di daerah songosari kostrad TNI -AD..

Teriam kasih mas atas ilmunya dan terimaksih juga sudah mau menjawab pertanyaan saya.. maklum saya masih awam soal penangkaran.

Amiexs mengatakan...

he he he, baik maskalau menurut saya kandang di depan rumah juga tidak apa apa, namun untuk segi keamanan sepertinya mengkhawatirkan, lebih baik jika memang berencana membuat diatas, itu lebih bagus, karena saya rasa lebih aman, namun untuk menghemat saya rasa kandang didepan rumah juga tetap bisa dimanfaatkan, untuk kandang usahakan yang menghadap ke jalan raya tertutup rapat mas, sekeliling juga rapat kecuali untuk bagian depan saja, dari bawah ditutup sampai dengan 1 meter keatas, jadi dibawah full tertutup, dengan demikian meski agak berisik, MB tetap tenang dan nyaman, untuk kucing, tidak menjadi masalah mas, karena jika MB tau kucing tidak bsia masuk, dia juga akan tenang2 aja, mungkin 1 atau 2 kali awalnya masih agak takut, lama lama malah ditantangin kalau ada kucing lewat.. he he he

iya mas, sementara kacer masi mogok nelur, saya kurang tau penyebabnya, karena sekarang di tempat temen saya, saya akan liat dan cari solusinya agar bisa segera nelur kembali.

wa, saya juga ada beberapa temen di kostrad Singosari mas, siapa nama sodara mas, jangan jangan saya kenal mas. he he he, penggemar burungkah, atau juga penangar...???

sama sama mas, selama saya bisa jawab saya akan jawab, jika saya tidak bisa jawab saya akan tanya kepada yang lebih senior.. he he he

Anonim mengatakan...

salam kenal mas Amiexs, saya adhi..mau menawarkan murai aceh ekor panjang kondisi fit, sangat gacor, tanpa cacat body bagus sangat terawat..sekiranya mas Amiexs minat bisa menghubungi saya di 02194783795. sangat cocok kalau mau dibuat indukan..sebenarnya saya mau breeding tapi tidak bnyk waktu maklum kuli hehehe..bgtu dulu mas infonya ..burungnya dapat di lihat di http://s1121.photobucket.com/albums/l515/Adhieko

semoga berkenan
terima kasih

Amiexs mengatakan...

^
^
^
wah, penggenar ekor panjang juga nih.. he he he, baik mas, akan ssgera saya hubungi sampeyan

boyke mengatakan...

salam kenal bang amix, saya pemula, mo nanya nih murai nias gimana ya ?, bagus apa tidak. krn ada teman yang mau lepas nih..

Amiexs mengatakan...

Sbenarnya Mb asal dari aman aja bagus mas, tergantung karakter dan kualitas Mb itu sendiri, namun untuk Mb Nias, perlu diperhatikan karena hampuir semua type MB kepulauan mirip, termasuk nias, bisa jadi yg Om sebutkna tadi adalah Mb sabang, karena bedanya sangat tipis, untuk Nias, biasanya ekor seluruhnya hitam dengan ekor putih 2 pasang hanya diujungnya saja dan putihnya tipis, untuk Mb sabang sama seperti sabang, putih 2 pasang juga hanya diujungnya saja, namun biasanya putih lebih tebal, sampai setengah dari ekor yg putih tersebut...dan satu lagi, biasanya Tyope Mb sabang memiliki ekor lebih panjang daripada Mb Nias

namun kembali lagi, jika memang kualitas, suara, mental bagus, silahkan diambil mas

Anonim mengatakan...

anakan ekor panjang udah ada mas?berapa sama ongkir ke jkt..nuwun.

Anonim mengatakan...

harga anakan yang ekor indukannya 28cm itu brp mas???

Suro bledek mengatakan...

Anakan ekor panjang regoe orip sam..???
kepingiiiiiiiiiiinn...

Anonim mengatakan...

untuk anakan ekor panjang 1 jodo brp bos...

deni mengatakan...

kapan ya bisa punya mb spt diatas heheheheh

deni mengatakan...

mas amix saya minta ijin downlod gambar MB nya buat koleksi di FB

Rizky Putra Utama mengatakan...

mas mau tanya,, saya baru beli mb nias
pola perawatan hariannya bagaimana? sudah boleh dijemur atau dimandikan???
terus supaya cepat mabung gimana mas??

terima kasih

Rizky Putra Utama mengatakan...

balas dong om

zamah sari mengatakan...

Mas sy mau bli spasang yg siap di ternak brapa y harganya untuk ekor panjang y mas bs ngak krim ke tanjung pinang,,,,trimaksih

roby lesmana mengatakan...

Mas anakan murai medan ada nda..??

RENDI HERDIANSYAH mengatakan...

NAMA:PENANGKAR RENDI HERDIANSYAH
ALAMAT:KEMANGISAN GROGOL KEL/DESA PALMERAH KEC PALMERAH
Menerima pesanan Ke Luar KOTA.Stok Tersedia

Minat Call/SMS:0853 – 9742 - 4266

Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 3 s/d 5 minggu - Rp. 1.300.000

Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 6 s/d 9 minggu - Rp. 1.600.000

Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 10 s/d 12 minggu - Rp. 1.900.000

Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 13 s/d 16 minggu - Rp. 2.400.00
Harga Burung Murai Nias umur 2 bulan - Rp. 1.200 – Rp. 1.000.000
Harga Burung Murai Medan MH Rp. 1.000.000
Harga Burung Murai Lampung umur 2 bulan - Rp. 1.500 .000 – Rp. 1.200.000
Harga Burung Medan Betina umur 13 s/d 16 minggu - Rp. 1.700.000
Harga Burung Medan Jantan umur 3 s/d 4 minggu - Rp. 1.OO0.000

Harga Burung Medan Jantan umur 5 s/d 6 minggu - Rp. 1.350.000

Harga Burung Medan Jantan umur 7 s/d 8 minggu - Rp. 1.400.000

Harga Burung Medan Jantan umur 9 s/d 10 minggu - Rp. 1.700.000
Situs resmi http://www.murai-batumedan.blogspot.com/

kenari bon wortel mengatakan...

Salam kenal om amiexs saya mw tanya klo ciri2 mb nias ekor panjang ap aj trus klo mb nias yg udh bisa d trek umur brp bln om?

Poskan Komentar