Alamat HilKast Bird Farm

.
.
.
.
.
.

Perum Puncak Buring Indah (Buring Hill Side)
Blok B4-33 Kel Buring, Kec Kedungkandang
Kota Malang
Phone +6281335003344
+6283834115566
email: amiexs@gmail.com
YM: amieamiexs@yahoo.co.id
Pin BB . . . By Request
.

HilKast Bird Farm Property

HilKast Bird Farm Property

Pages

Selasa, 28 September 2010

Permasalahan Dalam Breeding (Calon Induk)

Mungkin meski awam, mudah bagi kita membedakan antara Murai Batu jantan dan Betina, namun jika kita sudah menggeluti Breeding, tidak sedikit dari kita yang kesulitan untuk membedakan Calon induk, terutama bagi para pemula yang ingin beternak, ada kalanya bulu betina nampak seperti jantan, dan ini yang sering di jumpai, maka dari itu tulisan ini mencoba untuk memberikan jawaban atas masalah masalah yang berkaitan dengan calon induk Murai Batu.

Permasalahan pada Calon Induk


tanya : bagaimana cara membedakan antara induk jantan dan betina
jawab : ini adalah pertanyaan mendasara yang biasa ditanyakan oleh peternak, khususya mereka yang berminat dan masih baru dalam bidang penangkaran.
seperti juga sudah saya ulas dalam posting saya terdahulu adapaun ciri ciri untuk

Murai Batu jantan

1. Tubuh Besar
2. Warna bulu mengkilat
3. Ekor panjang (untuk kawasan tertentu)
4. Suara keras dan bervariatif
5. Apabila didekatkan dengan jantan yang lain, maka akan ngeplay dan melawan
6. Kepala Besar dan cenderung agak kotak dan ceper.

ini adalah beberapa contoh Murai Batu Jantan










ini adalah anakan saya dan saat saya foto, umur masih 8 bulan, saat ini akan menghuni kandang penangkaran saya juga sebagai induk (calon Induk)



ini adalah anakan jantan saya yang lain, saat difoto usia sekutar 7 bulan, caon induk juga untuk kandang penangkaran saya




sengaja saya tammpilkan mode jantan yang lain dari koleksi saya, sehingga tidak jenuh dan membosankan karena jantan saya lainnay sudah saya upload diposting yang lainnya
sombong mode On... :)

untuk ciri ciri murai betina adalah:

1. Tubuh kecil
2. Warna bulu pudar, terutama dibagian leher dan dada
3. Ekor pendek, berkisar antara 8 s.d 10cm, untuk 15 cm sudah termasuk panjang
4. Suara pelan, monoton dan hanya ngeban ngeban
5. Apabila didekatkan dengan jantan maka akan ngeper dan minta kawin jika sudah birahi
6. Kepala kecil dan bulat

ini adalah contoh dari Murai Batu betina

betina umur 6 bulan

Photobucket

betina genit

Photobucket





Tanya : Bagaimana mengetahui induk jantan dan betina sudah birahi?
Jawab : Induk sudah birahi dapat diketahui dengan :
Jantan:
sering bunyi dan lebih gacor dari biasanya
suara kecil kecil dan ngerol seperti air mancur
saat didekatkan dengan betina langsung mrayu dengan cara bunyi kecil kecil dan ngerol, biasanya disertai dengan gerakan kepala yang manggut manggut untuk memikat betina

Betina:
biasanya menyahut jika ada suara jantan
akan ngeper jika didekatkan dengan jantan
saat di kandang penangkaran, akan mulai menyusun sarang


Tanya : Mulai umur berapa Murai Batu bisa dijodohkan da mulai produksi
Jawab : Murai Batu bisa dijodohkan mulai dari trotol atau masi kecil, juga dapat dijodokan jika sudah memasuki masa birahi, biasanya jika kita membeli dari trotol, maka sejak trotol itulah Murai batu bisa dijodohkan.
untuk penjodohan dari dewasa, alangkah baiknya kita juga melihat umru Murai tersebut.
Untuk Murai Batu hasil tangkapan hutan, jantan biasanya mlai berani kawin memasuki umur 2,5 tahun atau 3 tahun, sekitar 3 kali ngurak, saat itu jantan sudah siap untuk kawin, sebelum itu, jantan tetap bisa dijodohkan, namun belum berani untuk mengawinin betinanya.
untuk betina hasil tangkapan hutan biasanya siap produksi pada umru 1 tahun, namun sudah bisa dijodohkan saat usia memasuki 8 bulan
Untuk jantan hasil ternak bisa produksi mulai umur 2 tahun, artinya setelah 2 kali ngurak, Murai Baru sudah berani mengawinin betina, namun untuk penjodohan, umur 1 taun pun suda bisaj dijodohkan
untuk murai Baru betina akan siap bertelur pada usia 8 bulan, jadi umur 7 bulan sudah bisa untuk dijodohkan



Tanya : bagaimana ciri ciri Murai Batu yang sudah jodoh?
Jawab : selama kista satukan dalam kandang penangkaran kedua calon induk tidak berantem, itu juga sudah bisa dikatakan jodoh.
namun biasanya Murai Batu yang sudah jodoh ditandai dengan:
- tidur perdampingan saat tidur
- jantan lebih mengalah kepada betina, terutama saat makan
- terkadang bunyi saling bersahutan
- jantan dan betina saling loloh


Tanya : Berapa lama setelah jodoh, pasangan Murai Batu akan produksi?
Jawab : biasanya jika memang saat penjodohan sudah sama sama memasuki masa birahi, maka dalam waktu 3 minggu sampai 1 bulan induk beina akan bertelur, namun tidak menutup kemungkinan betina akan mulai bertelur dalam 2 bulan, 6 bulan, 1 tahun atau 2 tahun setelah dijodohkan, itu tergantung kesabaran dan kejelian kita, selain itu kita harus benar benar pastikan bahwa induk sudah benar benar birahi dengan pemberian EF yang tepat.





maaf saya cut dulu,....

banyak kerjaan, jika ada pertanyaan silahkan aja komentar di bawah, nanti saya akan balas,....
he he he, jika kerjaan kelar saya akan lanjutkan nih posting... he he he

10 komentar:

Anonim mengatakan...

om, bagus2 banget mb-nya..
kalau saya minat anakannya gimana om?

MBMalaysia mengatakan...

Saya belum bisa menjodohkan MB saya kerana masih belum mempunyai tempat yang sesuai. Anda bertuah kerana mempunyai MB yang ekornya sangat panjang....Thanks kerana berkongsi info tentang penjodohan MB...

Amiexs mengatakan...

^
^
^

dengan cage ukuran panjangxlebarxtinggi 1,5m x 1m x 1,5m sahaja sudah cukup bagi Sama untuk berjodoh, selama kondisi lingkungan yang mendukung, calon induk sayng suda siap, saya pikir patut dicoba, karena di indonesia, banyak temen yang memanfaatkan sangkar kecil untuk breeding Murai batu dan mereka berhasil.

sekali lagi, jika om bisa membantu saya juga, saya berminat untuk crossbreed antara Murai batu malaysia yang ekor panjang dengan Murai Batu sumatera dan Aceh. semoga kita bisa berkongsi untuk mendapatkan kualitas chick yang lebih baik

Amiexs mengatakan...

@ anonim...

bisa saja mas, silahkan kontak di HP saya

+6281335003344

kebetulan saat ini anakan kosong dan harus inden, jika berminat silakan saja pos komentar di sini atau langsung mengubungi saya di nomor diatas.

Anonim mengatakan...

om mow tanya jika kacer jantan yang membuat sarang apa itu tanda-tanda betina akan bertelor?mkasih sebelumnya

Amiexs mengatakan...

bisa jadi begitu om, karena memang tipikal kacer juga berbeda beda, namun apabila jantan bersedia jga untuk bikin sarang itu mengindiksikan

1. jantan pinter ngemong
2. jantan sudah birahi dan siap kawin
3. bisa jadi betina juga dah siap untuk bertelur
4. betina masih tembean, dalam arti baru pertama kali dijodohkan

namu yang jelas dari semua diatas, kondisi tersebut bertanda baik mas, tinggal menungu saja tanggal mainnya

Anonim mengatakan...

Kayak Si Hitam Neh.....MB nYa.....bener gak seehh......

Agus Singo mengatakan...

Alamat spesifiknya Mas bro tlng ? MALANGNYA dimana,desa,kec,rt,dan rwnya ?

Ahmad Nursalim mengatakan...

Om usia kacer jantan siap kawin berapa bulan ya?

Ahmad Nursalim mengatakan...

Om usia kacer jantan siap kawin berapa bulan ya?

Poskan Komentar