Alamat HilKast Bird Farm

.
.
.
.
.
.

Perum Puncak Buring Indah (Buring Hill Side)
Blok B4-33 Kel Buring, Kec Kedungkandang
Kota Malang
Phone +6281335003344
+6283834115566
email: amiexs@gmail.com
YM: amieamiexs@yahoo.co.id
Pin BB . . . By Request
.

HilKast Bird Farm Property

HilKast Bird Farm Property

Pages

Jumat, 01 Oktober 2010

Penangkaran Kacer

sebenarnya sebelum saya beternak Murai Batu, saya sudah terlebih dahulu beternak Kacer, namun karena saya lebih menyukai Murai Batu, maka ternak kacer saya yang awalnya banyak hanya tinggal menjadi 2 pasang saja, sayang juga untuk melepas ternak kacer saya, karena saya juga menyukai burung yang satu ini, gaya dan geraknya sangat eksotis, tidak kalah dengan burung lainnya.

ini adalah ternak Kacer saya.

ini adalah foto saat masih di sangkar soliter.


ini adalah induk jantan saya yang pertama

Photobucket

Photobucket

Photobucket

ini adalah induk betina yang sudah terlebih dahulu saya masukkan kandang penangkaran,
nampak betina sudah sangat birai, gaya tidak kalah dengan jantan, ngobra dan ngerol juga

Photobucket

ini adalah induk saya yang kedua

kebetulan pula indukan kedua ini adalah saudara 1 sarang dan generasi yg sama dengan indukan pertama saya.

jadi dalam 1 masa saya saya memperoleh 2 ekor jantan,

namun untuk indukan saya yang kedua ini memiliki type yang lebih ngerol daripada indukan pertama,

ke betulan pula indukan kedua ini dahulunya serin di pinjam ;pinjam oleh temen untuk di pake sebagai tambahan amunisi.

namun setelah saya pegang sendiri, kacer mala ga bisa kerja, terlalu birahi. dan terlalu over, saya tanyakan kepada yang biasa merawat, katanya memang perawatan sudah seperti itu, namun saya coba tetap tidak memperoleh hasil yang memuaskan, saya coba pola perawatan yang lain juga tetap saja, burung terlalu birahi, saat kerja terlalu over,

karena saya sudah putus asa, akhirnya saya langsung masukkan dalam kandang, alhamdulillah, dalam waktu kurang dari 2 minggu pejantan ini langsung bisa produksi....

Photobucket

ini adalah induk betinanya, sangat jinak sampai sampai saya lepas bebas sebelaum saya jodohkan. dan jika malam biasanya tidur di pot biasa dia nangkring itu. he he he

oh ya betina ini adalah anak dari INDUKAN PERTAMA saya, jadi jodoh indukan kedua ini adalah keponakannya sendiri,

hal ini sengaja saya coba untuk memperoleh generasi yang lebih bagus dari kedua indukan tersebut, dimana ada kombinasi nembak dan ngerol, yang di bawakan sangat tajam

perlu diketahui indukan pertama memiliki tembakan yang sagat keras, sampai memekakkan telinga, bahkan kata temen, suaranya lebih keceng daripada kacer dada putih yang biasanya memiliki suara yang sangat dominan keras

sebaliknya, indukan kedua saya memiliki type ngerol yang panjang...

maka dari itu saya harapkan anakannya bisa terjadi kombinasi antara keduanya

dan ALhamdulilla, beberapa anakan yang sudah di bawa temen menun jukkan perkembangan yang bagus, meski sampai saat ini anya di pakai sebagai klangenan semata, dan anya sesekali di bawa ke tempat latihan, namun sedikit banyak, kualitas sudah sesuai dengan yang saya inginkan...

Photobucket

Photobucket




Ini kacer saya, sebetulnya hanya kacer pelapis saja, maksudnya pelapis dalam lomba, ..... jika kebetulan Ngurak, nah,,... nih kacer yang gantiin,....:P
kebetulan ini kacer juga hasil tangkaran temen, menurut saya indukannya lumayan bagus, karena juga sering juara meski hanya tingkat latber dan lokal aja.......

langsung aja dech ini pict Kacer Jantan :P

langsung aja dech ini pict Kacer Jantan

dia saat On fire dan birahi, foto saya ambil saat jantan akan kawin dengan batinanya





ini kacer lagi birahi, karena udah jodoh dengan pasangannya





dan ini adalah kacer betinanya........
kebetulan juga dapet dari temen yang mana kacer jawaranya diternak dan saya dapet jatah betina.....namun sayang tanpa ring, karena menurut temen saya kebetulan dulu belum pesan ring,......
ini Pictnya

Pic nya tak kecilin yaa. Klik aja kalo mau liat ukuran aslinya. Diubah dari ukuran 1024x768.


satu lagi ... ini si cewek juga lagi birahi..

Pic nya tak kecilin yaa. Klik aja kalo mau liat ukuran aslinya. Diubah dari ukuran 1024x768.


ini Pict dan Videonya saat keduanya sudah jodoh san saya letakkan dalam kandang penangkaran...

ini Videonya,...... maaf gambarnya miring, jadi jika lihat mohon jangan salahkan saya jika leher jadi tengleng........ sebenarnya durasinya panjang, namun saya CUT pas saat kawin... maklum, nanti takut kena UU anti Pornografi dan Pornoaksi


ini Pictnya saat udah jodoh

Pic nya tak kecilin yaa. Klik aja kalo mau liat ukuran aslinya. Diubah dari ukuran 768x1024.


dan Alhamdulillah akhirnya berhasil juga,... meski netes 3 namun akhirnya yang 2 harus mati karena kurang perawatan, maklum karena saya tinggal cuti keluar kota,

ini Pict anakannya

Pic nya tak kecilin yaa. Klik aja kalo mau liat ukuran aslinya. Diubah dari ukuran 1024x768.


Pic nya tak kecilin yaa. Klik aja kalo mau liat ukuran aslinya. Diubah dari ukuran 1024x768.


karena kesibukan saya, maka piyik sengaja diasuh oleh indukan langsung, selain saya lihat hasilnya piyik lebih sehat, juga menjadi lebih bongsor.....

ini Pict saat Piyik diasuh oleh indukannya........
maaf.... gamgar gelap. karena diambil saat malam dengan kanera HP Jadul.....

Pic nya tak kecilin yaa. Klik aja kalo mau liat ukuran aslinya. Diubah dari ukuran 1024x768.


Pic nya tak kecilin yaa. Klik aja kalo mau liat ukuran aslinya. Diubah dari ukuran 1024x768.


Pic nya tak kecilin yaa. Klik aja kalo mau liat ukuran aslinya. Diubah dari ukuran 1024x768.


Pic nya tak kecilin yaa. Klik aja kalo mau liat ukuran aslinya. Diubah dari ukuran 768x1024.




dan ini anakan umur 1 bulan dan telah bisa makan sendiri......
untuk sementara saya taruh kandang soliter dan saya sendirikan,
maaf gambarnya goyang, karena memang saya gak bisa motret....

Pic nya tak kecilin yaa. Klik aja kalo mau liat ukuran aslinya. Diubah dari ukuran 1024x768.


Pic nya tak kecilin yaa. Klik aja kalo mau liat ukuran aslinya. Diubah dari ukuran 1024x768.


Pic nya tak kecilin yaa. Klik aja kalo mau liat ukuran aslinya. Diubah dari ukuran 1024x768.


mungkin ini sedikit tentang penangkaran Kacer saya...........

41 komentar:

tian mengatakan...

Om aku kemarint beli anakan kacer hitam. semua bulu atas udah ganti hitam tapi yang bawah belum, kira kira berapa lama bulu bawah menjadi hitam semua. thanks

Amiexs mengatakan...

biasanya normal anakan ganti bulu umur 5 bula, da umur 7 bulan sudah full ganti bulu dewasa, namun konsumsi kacer juga mempengaruhi proses pergantian bulu, apabila tidak cukup nutrisi, maka proses ganti bulu akan berjalan lambat, bisa jadi sampai 1 taun masih sebagian yang ganti bulu.. untuk mempercepat proses ganti bulu, coga diperbanyak Fooding yang mengandung protein, dan kalsium, bisa berasal dari kroto, ulat hongkong,dan fooding lainnya
coba diberikan secara rutin tiap hari, Insya Allah pergantian bulu akan berjalan normal dan cepat.

Anonim mengatakan...

omm

yg d kawin kan 2 jantan 1 betina ya omm

kalo iy
berapa lama nunngu ampe ada telor nya

Amiexs mengatakan...

salah om, terbalik, 1 jantan 2 betina (poligami)

bertelur biasanya seminggu setelah terjadi pembuahan (perkawinan skses)

Anonim mengatakan...

di gabungin nya 1 kandang brpa lama omm

truss

di smpan dmna

mkanan nya masih d beri pa ngakk

Anonim mengatakan...

Om Lokasinya dimana minta no HPnya

Amiexs mengatakan...

Lokasi saya di Malang mas.

HP saya 081335003344

Gomber's mengatakan...

mau tanya bos?
cara penangkaranya mudah gak ya bos?
n prosesnya gmn?

Amiexs mengatakan...

kalau masalah penangkaran mudah sulit tergantung kita mas, kalau kita berusaha tidak ada yg ga bisa.. he he he

untuk prosesnya sama dengan proses penangkaran yang lain, disini ada penangkaran MB, silahkan prosesnya mirip kok dengan penangkaran kacer

kicau bernyanyi mengatakan...

mau tanya om, kalo bulu anakan kacer jantan dari leher sampai perut sebelum full ganti hitam mengkilat , apa warnanya masih abu-abu seperti kacer betina atau langsung hitam kontras?

Amiexs mengatakan...

kalau masih trotol belum mengkilat mas, namun sudah nampak hitam dan trotol menjadi lebih jelas

Anonim mengatakan...

salam kenal om dr Een di Palembang... om bagi tips dalam proses penjodohannya dong... coz kacer ku tidak jodoh2 malah betinyanya di KDRT sampe luka2...

Anonim mengatakan...

tambahan : saya menjodohkan dg jantan di dlm sangkar penangkaran sementara betinannya msh dlm sangkar harian tp di dlm sangkar penangkaran.. pernah suatu hari saya gabungkan tp itu tadi KDRT... kdua kacer sudah jinak, luas kandang 90cm x 200cm x 200cm...
mudah2n om punya tips yg lebih jitu... By: Een

Anonim mengatakan...

Mohon bantuanya Om, sya lg cba ternak kacer udh 4x periode bertelur indukan cwe nggk mau mengerami telurnya. Jangkrik pagi:5 sore:5, kandang ukrn 80x90x200cm. Kandang menurut sya ckup nyaman(belakang rumah sepi deket kolam ikan). Yg jdi pertanyaan knpa indukan betina nggak pernah mau mengerami telurnya? apakah karakternya sdh sprti itu apa ada sebab lain?

Dan sekarang udh tcoba ganti indukan betina lain sdh jodoh masuk kandang besar +- 1 bln tp blm menunjukan mau bertelur, mohon saranya Om...

_hendra di banjarnegara

Amiexs mengatakan...

saya rasa memang dari karakter betinanya om, kalau memang sudah diganti, upayakan dengan betina yang benar benra siap dan birahi...

Anonim mengatakan...

Trimakasih Om, sdg sya pantau perkembanganya...

_hendra

Anonim mengatakan...

cara memilih kacer trotol jantan untuk indukan gimana om?

Tonni Aneka mengatakan...

Siiip..mantabz salam kenal mas broo..dari Wonogiri Solo juga hobby niih..

matul mengatakan...

saya coba jodohin jantan kacer lampung betina bali,kok gak ada tanda2 birahi,apa perlu waktu yang lama utk jadohin,biar kacer birahi caranya gimana?

Anonim mengatakan...

lam kenal om, saya punya 2 kacer (jantan& betina)baru habis mabung pertamanya udah jodoh di kandang penangkaran. Saat jantan mau kawin, betinya dikejar-kejar. Memang seperti itu kawinnya kacer, atau betinya belum siap kawin. Tapi Jantannya sudah sering nagajak betinya masuk sarang.Mohon Penjelasannya Om. Makasih.

andi irwansyah mengatakan...

om saya punya 1 kacer udah lumayan gacor....
tapi beberapa minggu lalu.. kandang burung saya kena lempar bola, trus kandang nya jatoh+burungnya,, dan burung itu gak mau bunyi lagi alias membisu,,
saya minta tips nya om gimana cara biar kacer kesayangan saya mau bunyi lagi :'(

Ngurah mengatakan...

Salam kenal om... Setelah 14 hari dieram, telor kacer saya akhirnya netas juga. ini telor perdana jumlahnya 3 butir. Tapi saya kesusahan mencarikan kroto untuk pakan piyik. Bisa gak..kalau krotonya saya ganti ama jangkik dan UH. Mohon informasinya (plus minusnya). Makasi.........

Payest Davis Redhammer mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Payest Davis Redhammer mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Payest Davis Redhammer mengatakan...

malam bos... Saya pemula breding nih. langsung aja bos, Jika kc jantan ny masih lebih muda dari kc betina ny apa bisa di jodoh-in atau saya mesti cari kc jantan lain ya? Soal ny kc betina ny udah buat sarang tetapi kc jantan ny lari menhindar jika di dekat kc betina ny. Klo bisa saya mau ny kc jantan ny jangan di ganti soal ny yg ini suara ny mantap bos. Ada nggak metode lain biar saya nggak ganti kc jantan lain?
Terima-kasih sebelum ny bos.

Payest Davis Redhammer mengatakan...

malam bos... Saya pemula breding nih. langsung aja bos, Jika kc jantan ny masih lebih muda dari kc betina ny apa bisa di jodoh-in atau saya mesti cari kc jantan lain ya? Soal ny kc betina ny udah buat sarang tetapi kc jantan ny lari menhindar jika di dekat kc betina ny. Klo bisa saya mau ny kc jantan ny jangan di ganti soal ny yg ini suara ny mantap bos. Ada nggak metode lain biar saya nggak ganti kc jantan lain?
Terima-kasih sebelum ny bos.

Payest Davis Redhammer mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
ujank rinyuh mengatakan...

om numpang tanya...bisa gak kacer betina jabar di kawinkan dengan kacer jantan jawa timur?mohon pencerahannya om..

Hari mengatakan...

misi om... mau nanya kalau sepasang kacer jawa timur trotolan berapa ya ...? trus ongkir ke surabaya berapa?

Anonim mengatakan...

Gan,untuk anakan kacer berapa ya???

Anonim mengatakan...

saya punya kacer bali... dadanya abu tapi ada 2 sampe 5 bulu yang hitam... apa jantan ato betina? mohon pencerahan

black pecinta burung lomba mengatakan...

Bos mau tanya harga anis merah bakalan berapa ya..

fadly mengatakan...

mas mau nanya bagaimana cara menjodohkan kacer

bantal guleng mengatakan...

om apa sekarang masih aktiv tangkar kacer,,,,, harga trotol ya yg trah jawara berapa ya...?

fauzi kumala akbar mengatakan...

tolong bozz

ane baru beli anak kacer
ane gak tau betina atau bukan
tolong bozz

Dycka Dwi Saputra mengatakan...

Assalamu'alaikum. Mas sekarang masih ternak kacer gak? kalo sudah gak, penangkaran burung kacer untuk lokasi kota malang ada apa tidak? Terima kasih

giri bintaru mengatakan...

mas...
ada kacer betina yg bisa d transfer gak..saya sangat berminat..
giri.bintaru@gmail.com
maturnuwun

manank pudin mengatakan...

mas anakan kacernya harganya berapa mas?di jual gak

Yohanes Beni mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ponidi ok mengatakan...

aku beli anakan kacer jatim 450rb kemahalan nggak ya, ada ringnya

Syaiful Ya'qub mengatakan...

bos tanya aku ternak kacer bogor jantanya kurang birahi saat di jodohkan gmana penanganannya bos? betinanya udah birahi ngeleper2 bos. jantannya kurang nanggapi bos .

Poskan Komentar