Alamat HilKast Bird Farm

.
.
.
.
.
.

Perum Puncak Buring Indah (Buring Hill Side)
Blok B4-33 Kel Buring, Kec Kedungkandang
Kota Malang
Phone +6281335003344
+6283834115566
email: amiexs@gmail.com
YM: amieamiexs@yahoo.co.id
Pin BB . . . By Request
.

HilKast Bird Farm Property

HilKast Bird Farm Property

Pages

Jumat, 20 Mei 2011

Perawatan Ekor Murai Batu...(Bagi Penggemar Murai Batu Ekor Panjang)


Bagi penggemar Murai Batu, Khususya Murai batu Ekor Panjang, sebuah ekor sangat berperan dan sangat menentukan indah atau tidaknya seekor Murai Batu, bagi penggemar dan hobiis Murai batu ekor Panjang, ekor Murai lebih menentukan daripada aspek yang lain, karena menurut saya, untuk burung Murai, sangat mudah berkicau. Burung Murai Batu keindahannya terletak pada alunan lagu yang merdu, kecerdasan merirukan suara burung lain, namun juga tidak kalah ekor yang panjang menjuntai, membuat seekor Murai nampak lebih anggun saat melantunkan nyanyiannya, bukan saya suara, namun gerak ekor bisa menarik simpati banyak penghobi burung.
Ekor Murai Batu bisa jadi menjadi salah satu mahkotanya, namun juga bisa menjadi salah satu keburukannya apabila kita tidak bisa merawat ekor Murai Batu tersebut dengan baik.
Seekor Murai Batu Ekor Panjang berbeda dengan Murai Batu kebanyakan yang memiliki ekor tanggung dan juga ekor pendek, Murai Batu Ekor Panjang cenderung lebih sensitif, jadi jadi perlu perawatan ekstra, terutama untuk merawat ekornya. karena salah dalam perawatan, stress saat ngurak, terganggu dan juga sering fight saat ngurak dapat menyebabkan ekor tumbu lebih pendek dari sebelumnya. yang sering terjadi adalah ekor tercabut secara tidak sengaja, ini hal yang umum terjadi, namun kadang kita menganggap remeh hal tersebut, untuk Murai Batu ekor pendeng dan tanggung sepertinya ga masalah bagi mereka, namun untuk Murai Batu Ekor Panjang, hal tersebut dapat menyebabkan ekor menjadi tumbuh lebih pendek dari sebelumnya.
Ini adalah beberapa pengalaman saya dalam merawat dan sedikit berekperimen mengenai Ekor Murai Batu.
dari dulu saya sangat menyukai Murai Batu Ekor Panjang, dan karena itu saat saya memiliki koleksi pertama yang saya beli dari trotol, saya tidak sabar untuk memperoleh ekor Murai yang panjang, jadi selepas trotol dan sekitar umur 9 bulan, saya mencoba melakukan perjudian yang sangat konyol, saat itu saya saya berpikir, daripada menunggu proses panjang ekor melalui ngurak, bukankah lebih baik mencabut ekor dan nantinya akan tumbuh lebih panjang, itula pikiran saya saat itu, setelah saya cabut ekornya, bukanya tambah panjang, ekor tumbuh makin pendek, nah saya masi penasaran lagi, saya cabut lagi ekor tersebut, eh ekor malah tumbuh diluar dugaan saya, ekor tumbh lebih pendek lagi dan juga keriting, mulai saat itu saya sering melakukan analisa kembali.
ada juga kasus Murai batu ekor lepas bukan arena tercabut, namun karena erjepit pintu, hal ini sama juga, ekor menjadi tumbuh lebih pendek.
ada juga yang berkata cabut ekor saat tidur, hal itu akan mengurangi stress Mra Batu, namun anggapan itu ternyata salah juga, ekor tumbuh tetap lebih pendek dari sebelumnya.
saya juga pernah melakukan test kembali, saya coba cabut ekor Mura Batu yang sedang ngurak, asumsi saya, karena sudah memasuki masa ngurak, maka cepat atau lambat ekor juga akan tercabut, namun hal tersebut tetap mengakibatkan ekor tumbuh menjadi lebi pendek dari sebelumnya.
dari beberapa percobaan yang saya kalukan saya dapat menarik kesimpulan bahwa apapun cara mencabut kita, apabila ekor tercabut tidak secara normal, dalam arti lepas karena ngurak, maka bisa dipastikan ekor akan tumbuh lebih pendek dari sebelumnya, dan menurut saya ini bisa terjadi secara permanen.
Hal diatas adalah satu dari beberapa penyebab ekor Murai tumbuh lebih pendek dan tidak normal.
Masih ada beberapa penyebab labi yang bisa menyebabkan ekor tumbuh tidak normal dan me njadi lebih pendek yang akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya, jadi silahkan ditunggu yaaa...!!!!!

26 komentar:

Anonim mengatakan...

untuk MAsalah ef pada masa mabung tolong jelasin jg dunk supaya ekor jd tambah panjang mas....ane tgg ya...

sms mengatakan...

MAU DONK MURAI BATUNYA 085811110200 BERPA HARGANYA Y...

Amiexs mengatakan...

@ anonim

untuk mas angurak sebaiknya diberi EF yang banyak mengandung kalsium dan juga tinggi protein mas

untuk itu bisa ditambah dengan multivitamin agar ekor menjadi maksimal


@sms

harga MB jantan umur 1,5 bulan mulai 1,5jt tergantung dari induknya mas

jika berminat silahkan sms ke nomor saya

081335003344

Anonim mengatakan...

Maaf Mas Ef Yg tinggi Protein Ma Kalsium itu Apa ya contohnya???
Klo Multivitamin JG apa ya contohnya...maaf Pemula

Amiexs mengatakan...

EF yg tinggi protein seperti kroto, ulat hongkong dan cacing, untuk yaang banyak mengandung kalsium bisa kulit telur, kulit udang, atau kepala ikan asin atau ikan tongkol, yang biasa dijual murah dipasar

Anonim mengatakan...

ulit telur, kulit udang, atau kepala ikan asin atau ikan tongkol, yang biasa dijual murah dipasar

terus klo yg ini cara pemberian ke MBnya gmn mas....??
dicampur dengan kroto gt ya....???

Anonim mengatakan...

saya mau nanya, kalau buntutnya di cabut secara paksa apakah bisa numbuh lebih panjang lagi? soalnya ekor mb saya di cabuti sebelum masa mabung, kalau bisa numbuh lebih panjang gimana caranya? mohon di bales

Amiexs mengatakan...

@anonim
klit telur atau duang dijemur sampai kering, lalu tibumbuk mas, nti sebar aja didasar kandang,.

@ anonim
kalau dicabut secara paksa, besar kemungkinan tumbuh lebih pendek mas jadinya, jika ingin tumbuh lebih panjang perlu di beri ekstra vitmin yang banyak emngandung protein serta kalsium, Vit E juga bisa mendukung, namun hal tersebut tidak bisa 100% mujarab...

Anonim mengatakan...

selamat pagi om amix. om biar hasil ngurak utk bulunya mengkilap perawatannya gmn.

Amiexs mengatakan...

komposisi pakan harus seimbang om, antara protein, kalsium dan juga ditambah dengan vit B agar asupan makanan bisa terserap sempurna, termasuk juga ke bulu

Anonim mengatakan...

mb saya hanya punya ekor putih pendek,yang hitam gk tumbuh...itu gmna cara rawat agar ekor hitamnya bs tumbuh...tolong masukanya gan??

Amiexs mengatakan...

coba pegang dan dicek mas, apakah brutu sudah bersih ataukan masih ada sisa ekor yg lepas, bisa ga normal atau ada bercak darah yg menutupi pori2

jika memang benarusahakan bisa sibersihkan terlebih dahulu, untuk caranya terserah masnya, namun yg ekstrim, brutu disikat sampai bersih, kadang juga berdarah agar pori pori bisa terbuka dan bebas dari sumbatan. setelah itu brutu dikasih alkohol dandesinfektan untuk mencegah infeksi. semoga setlah brutu bersih, ekor bisa tumbuh kembali

Anonim mengatakan...

mas tolong di jawab ya please.....(maaf maksa dikit)
saya punya murai batu ekor hitam bintik-bintik putih
saya pernah nangkap MB saya dari sangkar trus ekornya yang dapat trus ekornya pada lepas smua yang tinggal ada 2 bulu itu pun bulu paling bawah kecil-kecil,sebelum nya bulu MB saya uda sering rontok
pertanyaannya bisa gak ekornya yang lepas bisa tumbuh kembali dengan sempurna
caranya gmna mas
tolong di jawab ya mas?????
sebelum nya terimakasi

Anonim mengatakan...

mas mau tanya.. Dikit..
Saya baru beli mb,tp waktu saya beli ekornya sama sekali tdk ada,kata pemilk nya mb sedang mabung,setelah saya pelihara 5bulan sekarang baru tmbuh 1ekor putih,yg saya mau tanyakan:
1.bagaimana cara mempercepat pertmbuhan ekor mb tesbut!!???mohon info obat dan cara merawatnya ya mas
2.mengapa mb saya itu lehernya msh sdkt botak,dan bulu sayap nya jg mash kusam ya mas?!?apa mb saya blm selsai mabung ya mas?
Terimakasih banyak seblmnya mas atas infonya..

amie amiexs mengatakan...

kalau bulu ekor mb tercabut bisa tumbuh kembali, namun sudah tidak bisa normal kembali, meski nampak normal, namun panjang sudah lebih pendek dari sebelumnya




untuk ekor mb yg baru tumbuh ekor setelah 5 bulan menurut saya itu bukan mabung, namun memang sengaja atau tidak telah tercabut. dan pastinya akan tidak akan bisa normal kembali. untuk bulu yg kusam, sepertinya memang kekurangan nutrisi sehingga mb tidak bisa mabung atau terhambat mabungnya

utuk obat, saya senduiri belum pernah menarapkan, namun menurut saya bisa diberikan pakan yg banyak mengandung protein serta kalsium

Anonim mengatakan...

salam kenal mas, saya mau tanya,,? semenjak ekor mb saya dicabut,dah 3 bulan ekornya gk mau numbuh n padahal 1 bulan setelah dicabut mb saya ngurak tapi, sampai sekarang nguraknya gk tuntas, malah stop. mohon sarannya mas, trms.

Anonim mengatakan...

Saya baru beli mb gmn agar gacor trus masa mabung itu hitungan bulan åþå tahun,Đªή masa mabung tips penangannya gimana om.mohon pencerahanya om, tks

Anonim mengatakan...

pak saya mau tanya , mb saya sdg msa mabung dan sdg tumbuh bulu ekor. Bgmn cra perawatan dan porsi makanannya ?
Trims sblmnya

Anonim mengatakan...

Pak kalo kuku trotolan murai patah atau copot hingga pangkal bisa tumbuh lagi gak?berp lama kira kira?

Anonim mengatakan...

salam kenal om....saya mau tanya nih, om saya punya murai trotolan tapi saat ini kondisi sedang mabung dan dorong ekor tapi ko bulu sayapnya selalu kusam dan nggak rapih2 sayapnya jadi kaya lemes gitu..gmna ya om cara perawatan dan porsi makanya

Firman Widianto mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Firman Widianto mengatakan...

mas, saya mau curhat dong...!!!!
saya punya MB, buntutnya itu patah, karena kurang perawatan tadinya... jadi sekarang kaya habis dicabuti buntutnya. sisa-sisa patahan buntut masih menempel di bagian brutu nya.
pertanyaannya :
1. apa yang harus saya lakukan, apakah saya cabuti saja sisa - sisa patahan buntut nya, atau saya tunggu saja copot secara natural (masa ngurak)...

trim's gan amiexs...
salam kenal,

nuh argono mengatakan...

Om..numpang tanya nih,mb sy skr lg dorong ekor,stlh ekpr memanjang kr2 20an cm sy kr sdh mentok..tp stlh semggu ekor yang plg panjang nmbh lg(sblh kanan),tp yg sblh kiri tdk nmbh..pertanyaan sy,apakh yg sblh kiri akan menyusul panjangnya sehingga rata dgn yg kanan,atau akan panjang sblh..mksh sblmnya Om..

penangkar murrai mengatakan...

• Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 3 s/d 5 minggu - Rp. 1.300.000
• Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 6 s/d 9 minggu - Rp. 1.600.000
• Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 10 s/d 12 minggu - Rp. 1.900.000
• Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 13 s/d 16 minggu - Rp. 2.400.000
• Harga Burung Murai Nias MH - Rp. 600 .000 – Rp. 800.000
• Harga Burung Murai Nias umur 2 bulan -Rp. 1.000.000
• Harga Burung Murai Medan MH - Rp. 1.100 – Rp. 800.000
• Harga Burung Murai Lampung MH - Rp. 700 .000 – Rp. 500.000
• Harga Burung Murai Lampung umur 2 bulan - Rp. 1.000 .000
• Harga Burung Murai Borneo MH umur - Rp. 300.000 – Rp. 400.000
• Harga Burung Murai Borneo umur 2 bulan - Rp. 600.000
• Harga Burung Medan Jantan umur 3 s/d 4 minggu - Rp. 850.000
• Harga Burung Medan Jantan umur 5 s/d 6 minggu - Rp. 900.000
• Harga Burung Medan Jantan umur 7 s/d 8 minggu - Rp. 1.100.000
• Harga Burung Medan Jantan umur 9 s/d 10 minggu - Rp. 1.400.000
• Harga Burung Medan Betina umur 3 s/d 5 minggu - Rp. 500.000
• Harga Burung Medan Betina umur 6 s/d 9 minggu - Rp.750.000
• Harga Burung Medan Betina umur 10 s/d 12 minggu - Rp. 800.000
• Harga Burung Medan Betina umur 13 s/d 16 minggu - Rp. 1.000.000
Nama Penangkar: CHANDRA Alamat: PERUM CITRA GARDEN II Blok J 8 No: 3 PEGADUNGAN – KALIDERES JAKARTA – BARAT
Jumlah Kandang: 1
Jenis yang di tangkarkan:murai
Cara Pesan HUB:082313332548

masdamblogg mengatakan...

contoh EF yg banyak mengandung protein dan kalsium apa ya bos?

Nova copers mengatakan...

Misi om mau nanya mb saya kok tmbh ekornya lama bgt ya.yg tmbh bru hitam udah 10 cm tp yang puth kok blm tmbh jg ya.cra mengatasinya gmana om?

Poskan Komentar