Alamat HilKast Bird Farm

.
.
.
.

Puncak Buring Indah Blok B4-33
CitraGarden City Malang
Kel Buring, Kec Kedungkandang
Kota Malang
Phone +6281335003344
+6285877999788
email: amiexs@gmail.com
ig: @amiexz

Facebook : Hilkast Bird Farm
Hilkast BirdFarm
.

HilKast Bird Farm Property

HilKast Bird Farm Property

Pages

Senin, 21 Januari 2019

Poligami

 Dalam menangkar Murai batu banyak hal yang bisa dilakukan, tidak ada yang mutlak benar dalam soal menangkar, bukan seperti ilmu pasti seperti matematika, dimana 1 + 1 selalu menghasilkan dua, dalam breeding banyak hal dapat dilakukan, kita bisa berekspresi sesuka kita, mencari cara baru dan metode baru, hal tersebut sah-sah saja dilakukan, dan apabila cara tersebut berhasil, artinya kita telah berhasil dalam menangkar, meski cara tersebut anti mainstream dan tidak umum dilakukan oleh penangkar yang lain.

  Poligami biasa diterapkan oleh sebagian peternek sebagai alternatif dan variasi dalam beternak murai batu, alasannyapun berbagai macam, dari mulai mendorong produktifitas, kelebihan betina, sampai trial and error kualitas keturunanya. dan masih banyak lagi yang lain, begitu juga bagi saya, kenapa sebagian induk saya menggunakan sistem poligami adalah?

  1. mendapatkan genetik yang kuat terutama ekor panjang
  2. melakukan analisa dengan pasangan manakah jantan atau betina menularkan genetik yang baik kepada anaknnya.
  3. mempercepat produktifitas.
  4. opsi karena terlalu banyak stok betina yang telah siap
  5. memilih betina dengan genetik terbaik untuk dipasangkan dengan satu induk yang sesuai.
diatas beberapa alasan mengapa menerapkan metode poligami, namun tidak selamanya poligami bagus, beberapa menjadi masalah tersendiri manakala pejantan terlalu diforsir untuk dipoligamikan dengan beberapa betina sekaligus, alhasil, jantan menjadi lemah dan rentan terkena penyakit, bahkan tidak jarang berujung kematian. Sifat natural burung yang selalu menekankan nafsu tanpa akal membbaut mereka selalu mengawini betinanya manakala dimasukkan ke kandang dengan betina yang berbeda, kondisi semacam ini jika tidak disiasati dengan cerdik akan merugikan penangkar sendiri. 

jadi bagi para sahabat penangkar, silahkan berkreasi semaksimal mungkin dalam mengeksplorasi murai batu, saya yakin dengan tangan dingin dan kreatifitas kita, akan menemukan strain baru murai batu yang unggul.

0 komentar:

Posting Komentar