Alamat HilKast Bird Farm

.
.
.
.
.
.

Perum Puncak Buring Indah (Buring Hill Side)
Blok B4-33 Kel Buring, Kec Kedungkandang
Kota Malang
Phone +6281335003344
+6283834115566
email: amiexs@gmail.com
YM: amieamiexs@yahoo.co.id
Pin BB . . . By Request
.

HilKast Bird Farm Property

HilKast Bird Farm Property

Pages

Kamis, 03 Maret 2011

Little Story About Murai Batu Medan


Dari semasa saya masih kecil sampai dengan saat ini, banyak dan hampir semua orang penghobi burung atau yang hanya tahu sedikit tentang burung, menegtahui apabilamurai batu berasal dari medan, lampung dan kalimantan (borneo)
Padalah banyak tempat selain itu yang menjadi habitat murai batu, ada murai batu kepulauan seperti Nias, Sabang, ada pula yang berasal dari jambi, riau, bengkulu dan mungkin masih banyal lagi, bahkan ada pula yang made in jawa yang biasa disebut dengan Larwo

namun bukan itu yang akan saya coba tulis disini, saya akan mencoba mengulas fenomena apa yang biasa disebut sebagai Mrai Bat Medan.

Menurut seorang Sahabat yang pernah bercengkerama dengan temen asli dari medan mengakui bahwa memang sejak dulu Murai batu Medan merupakan Murai batu terbaik di Indonesia. karena menyandang predikat tersebut, semenjak tahun 1990an terjadi perburuan besar besaran.. menginjak tahun 1995 Murai Batu sudah jarang terliat didaerah yang dulunya terkenal dengan Murau Batu Medan, terutama daerah BOHOROK dan sekitarnya.

sampai kemudian beralih ke daerah Tapanuli selatan sampai ke Pasaman, itulah mrai batu yang awalnya disebut sebagai Murai Batu Medan...

seiring makin sulitnya mencari Murai batu didaerah tersebut, maka perburuan beralih di Medan pinggiran salah satunya berasal dari aceh...

Sejak dahulu semua Murai batu dikumpulkan di Medan, mulai dari Bohorok, Pasaman, tamanuli Selatan, Bengkulu, Jambi, dan Aceh untuk kemudian dikirim ke kota kota besar di Jawa, itula mengapa mereka ada yang menyebut Murai Batu Medan Super tnta itu dilihat dari segi body atau ekornya, karena memang dari sekian banyak Mrai Batu tersebut berasal dari darah yang berlainan.

sampai sekarang penjual di Jawa masih melebelkan murai batunya dengan murai batu medan, padahal untuk saat ini, hampir 95% murai batu medan berasal dari aceh, karena saat ini Aceh la yang memiliki habitat Mura Batu yang masih banyak dengan varian terlengkap, ada ekor panjang, tanggung, pendek, ada MB htan pedalaman, ada MB pesisir, ada pula MB kepulauan seperti sabang, dari segit ekornyapun murai batu aceh sangat bervariatif, namun setelah ke jawa lagi lagi label tersebut berubah menjadi mura batu medan,...

Mungkin itu disebabkan karena semua murai batu dikumpulkan di medan sebelum dikirim ke jawa, harap maklum, dahulu hanya Bandara Polonia Medan satu satunya penghubung udara yang ada di Sumatera Utara ke Jawa, jika lewat darat dan air, bisa memakan waktu berhari hari yang akan menyebabkan mura batu mengalami kematian, nah kalau saat ini setiap kota sudah memiliki bandara udara? masih mungkinkah Murai batu yang notabennya berasal dari daerah lain disebut sebagai mrai batu medan karena kita mengetahui asalnya.... tetep bisa, itulah jawabannya, karena itlah branding yang bisa mendingkrak harga seekor murai batu...

Sekarang, kembali kepada kita, masihkah kita menyebut murai batu kita yang saat ini kita miliki sebagai Murai Batu Medan, yang pada kenyataannya sumber yang dahulu asal Murai batu medan pada mulanya sudah sangat langka, bahkan bisa dianggap sudah tidak ada lagi......

kembali dari diri kita masing masing......





Tulisan disarikan dari berbagai sumber...
Foto Oleh Hilkast Bird Farm Collection

12 komentar:

dr eko mengatakan...

kalau saya memandang burung murai jangan terpayok pada daerah asal yang penting kualitas suaranya dan powernya,, entah itu murai medan jambi atau nias tidak masalah yang penting suaranya

Amiexs mengatakan...

Saya juga setuju mas, namun perlu pula diingat bahwa tidak semua orang aklan sepaham dengan kita, dan mayoritas mereka masih banyak yg masih terpaki pada asal muasal seekor MB, nah inilah yang saya jelaskan di sini, karena kebanyakan orang akan mengklaim MB berasal dari medan, terutama bagi penjual, meski tisak semua penjual juga melakuakn hal yang sama....

yang perlu juga diketahui bahwa Mb yang sekarang di klaim sebagai Mb medan itu sebenarnya berasal dari mana sih.. nah itu opula yg mungkin perlu diketahui oleh teman teman dan mungkin berguna bagi nereka yang saat ini masih terpaku pada asal muasal mb untuk dijadikan pertimbangan saat akan membelinya

wa1_albanteni mengatakan...

menurut saya,dari segi suara kalo itu mb bener2 asli medan/aceh beda dengan mb lain,kalo ngedenger olah vocal mb medan gimana gitu.. hehe,

belum lagi penampilan mb medan/aceh yang aduhai.,ini diluar pemalsuan ktp mb,
meskipun ada mb medan yg jelek,tapi itu relatif hukum alam ada jelek dan bagus,

ngomong2 kabar buldozer gmana om, gak sabar nih pengen momong anak buldozer, salam , ade 081386002642

Amiexs mengatakan...

saya sangat setuju om.. he he he

Hari ini (12 Agustus 2011) Buldozer gagal menetas

Anonim mengatakan...

iya kita jangan fanatik hnya Murai medan tapi yang penting suara dan isian nya and terutama tidak membalon/ngabalon klo orang bandung bilang

Anonim mengatakan...

mas berapa harganya!!!
mau dong saya !!

Amiexs mengatakan...

Harga jantan mulai 1,5jt mas tergantung induk

Anonim mengatakan...

saya indent mas an Asditya Wendi di Solo no telp 082133008700

Anonim mengatakan...

Semua itu tidak benar!!! saya bisa buktikan bahwa didaerah saya juga memiliki murai batu asal hutan cot girek - Aceh Utara.....

Anonim mengatakan...

Lestarikanlah Muray sebagai warisan yang sangat berharga saudara2...

Anonim mengatakan...

mas kalau nginden brp lama nunggu???

penangkar murrai mengatakan...

• Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 3 s/d 5 minggu - Rp. 1.300.000
• Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 6 s/d 9 minggu - Rp. 1.600.000
• Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 10 s/d 12 minggu - Rp. 1.900.000
• Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 13 s/d 16 minggu - Rp. 2.400.000
• Harga Burung Murai Nias MH - Rp. 600 .000 – Rp. 800.000
• Harga Burung Murai Nias umur 2 bulan -Rp. 1.000.000
• Harga Burung Murai Medan MH - Rp. 1.100 – Rp. 800.000
• Harga Burung Murai Lampung MH - Rp. 700 .000 – Rp. 500.000
• Harga Burung Murai Lampung umur 2 bulan - Rp. 1.000 .000
• Harga Burung Murai Borneo MH umur - Rp. 300.000 – Rp. 400.000
• Harga Burung Murai Borneo umur 2 bulan - Rp. 600.000
• Harga Burung Medan Jantan umur 3 s/d 4 minggu - Rp. 850.000
• Harga Burung Medan Jantan umur 5 s/d 6 minggu - Rp. 900.000
• Harga Burung Medan Jantan umur 7 s/d 8 minggu - Rp. 1.100.000
• Harga Burung Medan Jantan umur 9 s/d 10 minggu - Rp. 1.400.000
• Harga Burung Medan Betina umur 3 s/d 5 minggu - Rp. 500.000
• Harga Burung Medan Betina umur 6 s/d 9 minggu - Rp.750.000
• Harga Burung Medan Betina umur 10 s/d 12 minggu - Rp. 800.000
• Harga Burung Medan Betina umur 13 s/d 16 minggu - Rp. 1.000.000
Nama Penangkar: CHANDRA Alamat: PERUM CITRA GARDEN II Blok J 8 No: 3 PEGADUNGAN – KALIDERES JAKARTA – BARAT
Jumlah Kandang: 1
Jenis yang di tangkarkan:murai
Cara Pesan HUB:082313332548

Poskan Komentar