Alamat HilKast Bird Farm

.
.
.
.

Puncak Buring Indah Blok B4-33
CitraGarden City Malang
Kel Buring, Kec Kedungkandang
Kota Malang
Phone +6281335003344
+6285877999788
email: amiexs@gmail.com
ig: @amiexz

Facebook : Hilkast Bird Farm
Hilkast BirdFarm
.

HilKast Bird Farm Property

HilKast Bird Farm Property

Pages

Jumat, 20 Agustus 2010

Hasil Penangkaran Amiexs aka HilKast BF (Anakan Umur s.d 2 minggu)

Saya mulai ternak terbilang sudah lama, untuk hewan lainnya, bahkan sejak Sekolah Dasar saya sudar beternak, itu memang bagian dari honi saya, namun untuk Murai Batu, saya masih terbilang orang baru di dunia penangkaran, saya mulai terjun dan seriun untuk beternak sejak tahun 2005, namun baru benar benar merasakan dan menyenyam keberhasilan pada tahun 2007, selama selang 2 tahun tersebut, banyak sekali kegagalan kegagalan yang saya hadapi, dari mulai proses penjodohan, telur yang kosong, sampai dengan anakan dibuang indukan,bahkan indukan beberapa sampai mati, selang waktu tersebut merupakan proses pembelajaran bagi saya.
saya banyak membaca dari berbagai referensi buku dan juga internet, termasuk juga http://www.kicaumania.org
selang waktu 2005 sampai dengan 2007 memang ada yang berhasil, namun hal tersebut masih belum bisa di sebut sebagai sesuatu yang berhasil, karena memang masih banyak yang harus di pelajari
dan sampai saat inipun, saya masih dalam proses belajar. maka dari itu saya senang sekali berdiskusi dengan teman dan penangkar yang lain.

ini adalah beberapa ekor Murai dari hasil breeding saya.
tidak ada yang istimewa, karena saya juga masih harus banyak belajar.

di bawah ini adalah anakan umur sampai dengan 2 minggu, perlu perawaan ektra untuk merawatnya terutama jika anakan kita asuh sendiri atau kita loloh sendiri,

kita perlu memberikan banyak nutrisi yang berguna bagi anakan, komposisi antara voer dan pakan seranga (jangkrik, Kroto, Ulat, Cacing dan ikan Cemplon) sangat bagus bagi pertumbuhan anakan, minyak ikan dan juga kalsiun sangat disarankan pada masa ini, karena hal tersebut akan bebmuat pertumbuhan lebih baik dan lebih cerdas saat dewasa nanti.

ini adalah sebagian anakan

anakan Umur 5 hari

Photobucket

Photobucket

Photobucket



biasanya saya angkat anakan pada umur 5 hari, pada masa ini anakan masih belum membuka mata, sehingga nantinya akan lebih mudah di loloh, karena piyik tidak mengetahui indukan sebenarnya, dan pada masa ini bulu masih merupakan bulu jarum, maka dari itu masih perlu penerangan dan penghangat atau bisa juga di oven



anakan umur 10 s.d 12 hari

pada saat ini anakan mulai belajar nangkeing, jadi yang perlu di waspadai adalah siapkan saja sangkar dan masukkan anakan di dalam angkar soliter beserta sarangnya, jadi saat nanti anakan belajar nangkrik tidak akan jatuh terlalu jauh

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket



anakan umur 3 minggu s.d 2 bulan

pada masa ini anakan sudah mulai nangkring dengan sempurna, bahkan pada umur 3 minggu anakan sudah bisa mulai di latih untuk makan voer, dan saat ini anakan sudah mulai bisa makan seranggan sendiri.

beri makan dengan campuran serangga terutama krto dengan voer setengah basah, namun jangan terlalu basah, diatasnya bisa di taruh kroto, saran saya, kroto jangan dicampur, karena jika demikian, apabila kroto yg bagian atas habis, anakan akan berusaha mencari kroto bagian dalam voer, akhirnya voer akan di acak acak

pada masa ini tidak jarang kualitas sudah terlihat, sering anakan saya sudah mulai ngeriwik sejak umur 3 minggu.

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

ini adalah anakan sudah berumur di atas 1 bulan

sudah nampak lincah dan sudah terlihat kualitasnya, anakan anakan saya kebanyakan sudah ngeplong pada umur ini, sering ngeriwik kasar juga, pda masa ini anakan sudah bisa dengan sendirinya makan voer, dan biasanya sudah siap untuk di kirimkan ke luar kota

Trotol asik betina

Trotol Betina

Photobucket


ini adalah anakan umur 2 bulan, bulu dan juga ekor suda tumbuh sempurna, jadi kita sudah bisa mengetahui bakat ekor dari Murai tersebut, apakah termasuk ekor pendek, ekor tanggaung atau ekor panjang.

meskipun saat ganti ke bulu dewasa hal tersebut terkadang juga tidak sesuai

Photobucket

Photobucket

Photobucket


foto diatas kebetulan piyik umur 2 bulan setelah selesai mandi, nampak bulu masih basah dan juga sayap turun....

he he he, maklum saya masukkan ke dalam ruangan, jadi kemungkinan dia kedinginan

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah sip mas

Posting Komentar